Thursday, December 21, 2006

the power of forgiving.....

Hari minggu kemaren, gue udah niatin nonton Kick Andy di Metro karena gue tau bakal ada Xanana Gusmao. Gue pengen tau lebih banyak tentang tokoh yang satu ini.

Dan gue nggak salah udah ninggalin buku sejarah jerman gue dan nonton Kick Andy… (untung sejarahnya gue masih bisa ngerjain)

Gue belajar satu hal terpenting dalam hidup, yang gue udah tau dari dulu tapi belom pernah gue lakukan. Yaitu kekuatan dalam memaafkan.

Bayangin aja, Xanana dengan rendah hati dan penuh kasih memaafkan orang2 berikut :

1. seseorang bernama Marno yang kemudian diketahui sebagai orang yang memberikan informasi tentang keberadaan Xanana ke tentara RI sehingga Xanana ditangkap.
2. Eurico Gueteres yang dianggap mengkhianati Xanana dengan berbalik mendukung pemerintah RI
3. Wiranto yang saat itu bertanggung jawab atas invasi biadabnya TNI ke timor-timur.

Dan ketiga orang itu dipeluk dengan hangat oleh Xanana. Dan gue pun berpikir, : “Tuhan, hati macam apa yang kau berikan pada Xanana?”
Jangankan Xanana yang ngerasain langsung kebiadaban sosok nomor 3, gue yang nggak pernah diapa2in secara langsung aja gedeknya setengah mati sama sosok nomor 3.

Aseli gue langsung sirik sama masyarakat Timor-Timur yang memiliki pemimpin kayak Xanana. Waktu Xanana baru dilantik jadi presiden, dia memilih kantor dinasnya itu gedung yang udah penuh dengan tembakan peluru, mortir, retak dan pacah. Dan dia bilang begini :

‘Anda lihat bangunan ini? Bangunan ini seperti Timor Leste. Terluka dimana-mana, namun masih memiliki kebanggaannya.’

Coba kalo presiden Indonesia… beeehhh… rakyatnya disuruh ngumpulin upeti kali buat ngebangun istana yang gede (sebagai catatan, kantor Xanana sampe sekarang masih kayak begitu).

Dan ucapan Xanana yang dalem buat gue itu pas dia ditanya kenapa dia bisa maafin ketiga orang itu :
‘ Saya merasa percuma saja kemerdekaan Timor Leste ini bila tidak diikuti dengan kemerdekaan dari kebencian. Saya harus memaafkan agar bisa merdeka sesungguhnya’

Kan tuh… kurang hebat apa tuh manusia? Gue ngerasa kalo Xanana itu persis kayak idola gue lainnya, Nelson Mandela…

Sial, kenapa orang kayak gitu nggak jadi pemimpin Indonesia ya?

0 Comments:

Post a Comment

<< Home