Wednesday, April 12, 2006

Lucunya ibuku...

sebenernya, gue rada takut buat nulisin ni blog, takut kualat gitu, menceritakan kelucuan2 nyokap gue sendiri...tapi gue berpikir ini adalah cerita yang layak untuk dibagikan kepada orang lain..karena buat gue sendiri aja lucu kok...
jadi gini, pertama izinkan gue untuk memperkenalkan nyokap gue terlebih dahulu. nyokap gue itu kelahiran 58, berarti gap gue antara nyokap gue itu kurang-lebih 30 taonan. nyokap gue itu penjahit baju biasa, yang kerja dirumah. punya kecenderungan untuk mengomel tak jelas (well, every mom does it...) dan begitu menyukai pete...
dan satu hal yang begitu menarik dari nyokap gue, (yang mengakibatkan terbentuknya cerita ini) adalah nyokap gue begitu jauh dari sentuhan globalisasi dan juga kemajuan jaman a.k.a. agak gaptek, kuper,etc. etc.
salah satu contohnya adalah percakapan berikut:

latar: tempat ngejahit nyokap gue, sore2.
nyokap : nge, tadi mama denger kalo ada grup baru gitu, (dengan bangga. seolah2 penemuan grup baru itu sama berharganya seperti penemuan obat buat kanker)
gue : apaan? grup dalem ato grup luar? (dengan nada agak gak peduli. Cuma berusaha menaruh sedikit simpati ke ntokap gue yang sudah mau berusaha mengikuti perkembangan jaman.)
nyokap : grup dalem! orangnya sih jelek gitu, tapi suaranya bagus!
gue : apa?
nyokap : apa ya? oh, ini, senopati!
gue : (diem. mikir. grup apa senopati? tiba2 dapet ilham) kerispatih, kali ma?
nyokap : eh, iya! kerispatih! pantesan, mama bingung, kok namanya senopati...kayak gajahmada... (dengan muka bingung)
gue : (desperate. tapi berusaha mengambil sisi positif. at least, nyokap gue tau ada grup baru)

cerita kedua
latar : tempat ngejahit nyokap, malem2
nyokap : nge, mama tau dong kalo ada artis namanya Jennifer Lopez! dan dia sekarang punya album baru...(dengan bangga. seolah2 pengetahuan itu bisa melenyapkan kemiskinan di muka bumi)
gue : (kaget dan bangga) wah! mama tau ya?? hebat!!
nyokap : iya...judul albumnya itu RIBET
gue : (terdiam) hah? ribet ma?
nyokap : iya, ribet!
gue : (lagi2 terdiam. pengalaman dengan ‘senopati’ membuat gue berpikir kata apa yang mendekati ‘ribet’) Rebirth, kali ma?
nyokap : ah, nggak tau deh! penyiarnya ngomongnya gitu kok! (tanpa ngerasa bersalah) makanya, mama heran, ni bule kok kasetnya judulnya indonesia banget...mama sempet mikir si jeni (kayak dia akrab aja ma si jennifer lopez...manggil jeni...) itu ada turunan indonesia...
gue : mama..... (putus asa)
cerita ketiga
latar : tempat ngejahit nyokap, sore2
nyokap : ....(gue lupa gimana awal pembicaraan terjadi) iya, si Ello itu kan lagunya lagu lama...dibikin ma bokapnya dulu... (membanggakan angkatannya. khas nyokap gue)
gue : oh, (menanggapi seperlunya)
nyokap : iya, tapi ama si Ello dibikin arimbi
gue : (bingung) hah? arimbi?
nyokap : iya, arimbi
gue : (makin bingung) apa sih?bapaknya Ello namanya arimbi?
nyokap : yeee..bukan! lagunya lagu arimbi! (dengan mantep)
gue : (diem. inget ‘senopati’ ama ‘ribet’. apa yang mirip arimbi?) mah...R n B kali....?
nyokap : ah, si Ello ngomongnya arimbi kok!(nggak mau disalahin. dan anyhow bisa nyalahin pihak luar)
gue : yah...mama.....tolong dong ah... (berpikir mau nyari ibu baru)
cerita keempat
latar : tempat ngejahit nyokap (yup u right...this is my fave hang out place..), malem2
nyokap : nge, lo mau ke bintaro plaza ya?
gue : kali, kenapa mangnya?
nyokap: mama nitip roti yang enak itu dong! apa ya namanya?
gue : apa?
nyokap : apa ya? poho euy..(artinya: ‘lupa nih...’) ohh! ini, Brad Pitt!!
gue : ha?
nyokap : iya. roti brad pitt! yang baru dibuka itu lho!!
gue : (bungkam) mah, roti Bread Talk kali....
nyokap : yah mirip lah!
gue : (diem sesaat) ma, kalo ada temen inge, mama jangan ngomong apapun yang berbau inggris yah... itu Cuma akan mempermalukan diri mama sendiri aja.... (desperate)
nyokap : mempermalukan gimana? mama cantik gini...
gue : cantik tapi gak bisa bedain brad pitt ama bread talk buat apa????
sebenarnya, masih banyak cerita2 lainnya yang menunjukan betapa nyokap gue jauh dari hingar bingar dunia globalisasi...nyokap gue begitu nyaman dalam dunianya yang cuman kenal koes plus ama (alm.) benyamin sueb...buat dia, bule itu Cuma ada 2 orang, yaitu david beckham dan brad pitt... semua film, bagi nyokap gue, diperankan oleh brad pitt (gak peduli yang maen itu mau tom cruise, robert de niro, al pacino etc. ) dan semua pemaen bola adalah beckham... mau yang maen ronaldo pun dibilang beckham....
tapi gue sayang banget kok ama nyokap gue...nyokap mana lagi yang bisa bikin temen gue ketawa ngakak kecuali nyokap gue???
tapi mungkin sekarang gue harus nyetelin nyokap gue prambors ato mtv trax di radio tiap harinya...
love ya mom....

1 Comments:

At 6:27 PM, Anonymous Anonymous said...

NGE, nyokap gw juga bikin gw kaget dengan ngomong kayak gini
Bokap: Neng, film Box office mlem ini bukan yah?

Gw: Tau deh!(muka ga pduli)

Nyokap:(sambil makan ketupat kiriman tante gw) Eh kayaknya bokopis malem ini deh tar jam 9.

Gw& bokap:(bengong)apaan ma? Bokopis?

Bokap:ga ada yang minum kopi jadi ga ada bau kopi..

Gw: (mikir bentar. Menemukan adanya kejanggalan)Mah apaan?

Nyokap: (Nyantai) Itu film yg td Bapa nanya. Bokopis ka

Gw dan Bokap:YA AULOOHH BOX OFFICE>>>sekian>>>

 

Post a Comment

<< Home