Tuesday, August 08, 2006

manusia termiskin di dunia

hari senin kemarin, gue pulang ke rumah lewat BSD dan menemukan satu pemandangan yang menggugah gue.
gue ngeliat seorang ujang2 lagi memikul barang dagangannya keluar dari satu SD negri di wilayah Kampung Sawah.
ujang2 itu gue yakin unurnya nggak beda jauh dari gue. malah bisa lebih muda dari gue.
sebenernya itu pemandangan yang biasa dilihat di Indonesia tercinta gemah ripah loh jinawi ini,
tapi karena gue ngeliat tuh ujang2 setelah gue daftar ulang di UI, gue jadi berpikir betapa bedanya hidup gue sama hidup dia.
padahal dari segi umur kita bisa dibilang sama
tapi nasibnya beda banget.
gue yang september nanti bakal mulai kuliah, sedangkan dia bakal tetep jualan...

terus, entah kenapa gue mikir,
mungki dia ngerasa dirinya yang paling miskin kali ya?
terus gue mikir lagi :
padahal masih banyak yang lebih miskin dari dia.
orang2 yang kelaparan mulai dari Afrika nun jauh disana,
sampai ke NTT yang notebene masih dalam naungan NKRI

terus gue mikir lagi (nggak abis2 ya gue mikir?)
tapi mungkin yang paling miskin itu gelandangan kali ya?
mereka kan nggak punya rumah, baju ya cuma itu doang...
sedangkan orang2 di NTT atau Afrika itu setidak2nya masih punya rumah...
bahkan mungkin tanah untuk digarap
(masalah hasil garapannya itu sukses atau nggak itu udah beda cerita ya)

tapi, gelandangan walaupun nggak punya rumah, tapi setidak2nya mereka nggak kurus kering (atau sekering) orang2 yang kelaparan itu!

gue jadi mikir (lagiii...), kalo gitu yang bisa disebut sebagai 'miskin' itu yang kayak apa ya?
mungkin karena definisi miskin itu begitu absurd, makanya nggak pernah ada survey buat nyari orang termiskin di dunia kali ya?

kalo orang terkaya seantero bumi kan kita tau tuh, si Bill Gates.
tapi orang termiskin sedunia?
kalo ngitung kekayaan seseorang kan gampang...
itu sesuatu yang kongkrit, yang bisa dihitung secara matematis
dari pemikiran singkat nan tidak biasa diangkot itu, gue jadi ngambil kesimpulan

berarti yang namanya harta itu emang absurd banget ya?

yang namanya miskin itu, kalo lo nggak hepi lagi!
gue inget kok, si ujang2 yang bikin gue mikir kayak gini itu,
lagi senyum sumringah pas gue lihat dia jalan

mungkin hari ini dagangannya laku banyak, dan dia sama keluarganya bisa makan enak

he is Bill Gates for that day

2 Comments:

At 1:14 AM, Anonymous Zzzzzzzz.... said...

So, orang termiskin itu siapaaaa?

 
At 12:56 AM, Anonymous Hamid said...

orang termiskin di dunia tuh liat utangnya

 

Post a Comment

<< Home