Monday, August 21, 2006

nakal banget...


huehehe...
sekarang ini gue sebenernya lagi OBM yang komputer2an gitu...
tapi karena gue nggak bawa password gue, gue luntang-lantung aja deh sekarang...
dan karena gue paling nggak suka nggak ngapa2in (kecuali tidur) gue milih ngisi blog aja ah...
lumayan gratis...

hehm, apa ya? (tetep nggak akan berbobot deh postingan gue kali ini rasanya...)
tadi gue sempet nyasar ke FIB, padahal gue harus ke FMIPA... dibo'ongin sama tukang ojek... gue bayar goceng, padahal ongkosnya cuma 3 ribu...
memeras anak kost...
dosanya dobel tuh...

oh ya, gue mau ngomongin soal prasangka aja deh!
soalnya kemaren gue baru baca blog temen gue, yang bilang kalo salah satu temen gue yang manis dan lucu adalah perokok (berat ato nggaknya gue nggak tau)
terus gue baru tau kalo temen gue satu lagi yang begitu manis (lagi) dan kalem ternyata bisa ngomong kasar ke adiknya

yah, begitulah...
menurut gue, ada 2 hal yang ngak bisa lepas dari sosok manusia...
pertama itu prasangka, yang kedua itu menetapkan suatu ukuran untuk segala hal.

di blogan gue kemaren kan gue sempet nyinggung soal nasionalisme yang diukur dari catatan demonstrasi yang kita ikuti, terus ada yang ngasih komen (hai yang ngasih komen anak arkeo UI!) bilang apa yang kayak gitu tuh bisa diukur?

NAH!!!

Itu maksud gue!! ada beberapa hal yang nggak bisa lo ukur! bahkan sebenernya banyak banget yang nggak bisa lo ukur!
sekarang cantik aja ada ukurannya. putih, tinggi, langsing, rambut panjang, seksi...
seksinya aja masih ada ukurannya. dada gede, pantat asoy, bibir merah, kaki panjang...
pantat asoy aja masih ada ukurannya!!

yang lebih parah lagi, hal2 yang abstrak juga pake ditakar2
kalo lo bertuhan, lo pasti mau make segala atribut keagamaan, rajin ibadah, apal semua ayat di kitab suci bahkan rela ngebunuh orang lain demi tuhan lo itu
kalo lo cinta sama indonesia, lo pasti mau ikutan demo dimana2
kalo lo pinter, lo pasti assiten dosen, cum laude, s3 atau dapat gelar di Oxford

padahal semua itu subjektif
yang menurrut gue pinter itu kayak nyokap gue, yang cuma lulusan SMP tapi bisa nguliahin gue di UI
yang menurut gue cantik itu kayak aung san su kyii yang berani berjuang demi rakyatnya
yang menurut gue bertuhan itu kayak anggota Greenpeace yang berjuang mati2an demi lingkungan
yang menurut gue cinta sama indonesia itu kayak butet manurung yang mau ngajar di pedalaman jambi

gue nggak ngerti kenapa sih harus ada standarisasi buat sesuatu yang subjektif?
manusia itu haus sekali untuk jadi seragam.
kayak di indonesia ini aja...
rasanya semua yang berbeda itu dianggap salah
karena nggak sesuai dengan standar yang mereka punya!

tapi kalo dipikir2, gue sendiri punya standar tertentu nggak ya?
oh, ada deng!
standar kebahagiaan!
gue baru bisa bilang kalo gue bahagia kalo gue bisa ngebahagiain kedua orang tua gue...

duh...
mulia amat....
nggak nyangka deh si inge...

1 Comments:

At 8:12 AM, Blogger Ign Prdty said...

Aku bukan arkeo, tapi antrop huhuhuhu =P

Jadi langganan baca gini.

 

Post a Comment

<< Home